Mengenal Kolesterol

Kolesterol adalah salah satu komponen lemak yang sangat diperlukan oleh tubuh,baik dalam pembentukan energi maupun dalam pembentukan dinding sel dalam tubuh . Kolesterol yang dibutuhkan tersebut secara normal diproduksi  sendiri oleh tubuh dalam jumlah yang tepat namun kolesterol dapat meningkat jumlahnya sesuai dengan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh.

Manfaat KOLESTEROL
Kolesterol memiliki beberapa peranan penting dalam tubuh , antara lain :
  • Kolesterol sebagai komponen lemak penting sebagai salah satu sumber tenaga bagi tubuh selain karbohidrat dan protein.
  • Kolesterol berperan penting dalam produksi hormone seks, vitamin D serta untuk fungsi otak dan saraf.
  • Kolesterol diperlukan untuk memelihara dinding sel dan fungsi tubuh lain.


Jenis –Jenis KOLESTEROL
Terdapat berbagai macam kolesterol dalam darah yaitu kolesterol baik yang biasa disebut High Densitas Lipoproteins (HDL) dan kolesterol  jahat yaitu Low Densitas Lipoproteins (LDL) Trigliserida.
Kolesterol 80%  di hasilkan dari dalam tubuh (organ hati) dan 20% sisanya dari luar tubuh (zat makanan) untuk bermacam-macam fungsi dalam tubuh.

Dampak negatif dari peningkatan kadar KOLESTEROL melebihi angka normal
Peningkatan kadar kolesterol  jahat dalam darah dapat meningkatkan resiko berbagai penyakit. Kolesterol yang tinggi akan berakumulasi di dinding arteri sehingga membentuk semacam plak yang menyebabkan dinding arteri menjadi kaku dan rongga pembuluh darah menyempit. Proses ini dikenal dengan nama atherosclerosis.  Aterosklerosis biasa terjadi pada arteri di otak, jantung, ginjal, organ vital lainnya,s erta lengan dan tungkai. Jika aterosklerosis terjadi di dalam arteri yang menuju ke otak (arteri carotid),maka bisa terjadi stroke. Jika terjadi di dalam arteri yang menuju ke jantung (arteri koroner) bisa terjadi serangan jantung.

Pola makan yang tidak seimbang salah satu penyebabnya.Makanan yang banyak mengandung lemak jenuh dan kolesterol dapat menyebabkan peningkatan kadar kolesterol di dalam darah.
Selain pola makan yang tidak seimbang, faktor keturunan, kelebihan berat badan ,kurangnya aktifitas fisik dan olah raga, konsumsi alkohol, serta merokok merupakan penyebab umum kolesterol tinggi. Sementara kondisi penyakit yang dapat memicu tingginya kolesterol darah adalah penyakit diabetes, penyakit ginjal, dan penyakit liver.

Trigliserida merupakan salah satu kolesterol jahat dalam tubuh yang bila mengalami peningkatan melebihi kadar normal tubuh dapat menyebabkan peningkatan resiko terjadinya penyumbatan pembuluh darah jantung dan otak. Hal itu terjadi bila bersama dengan tinggginya kadar LDL dan rendahnya kadar HDL.