Menurunkan Berat Badan


Bagi sebagian orang kegemukan menjadi permasalahan yang sangat mengganggu tidak hanya dari sisi penampilan, namun yang utama justru dari aspek kesehatan. Telah banyak para ahli yang merekomendasikan berbagai tehnik atau cara untuk menurunkan berat badan agar mencapai kondisi seimbang.


Pelarangan jenis makanan tertentu terkadang justru menimbulkan defisiensi / kekurangan nutrisi atau zat makanan lainnya yang juga dibutuhkan tubuh. Berikut ini ingin penulis bagikan salah satu metode menurunkan berat badan yang insya-Allah mudah, murah, aman sekaligus menyehatkan.

Metode menurunkan berat badan  :
  1. Minum air tidak kurang dari 2 liter ( 8 – 10 gelas ) perhari ( termasuk jus buah-buahan, teh dan kopi ) sangat dianjurkan air putih. Air membantu proses metabolisme dalam tubuh dengan mengubah makanan menjadi energi. Air berperan sebagai bahan bakar untuk mendorong reaksi kimia metabolisme. Jika Anda tidak minum cukup air, Anda tidak akan dapat membakar kalori dengan baik
  2. Minum air putih 2 gelas 1 jam sebelum makan. Dimaksudkan mengekang rasa lapar dan memberi rasa kenyang sehingga diharapkan ketika makan porsi yang disantap tidak terlalu banyak.
  3. Tidak harus menunggu haus untuk minum. Haus sebenarnya merupakan sinyal mulai dehidrasi ( kekurangan cairan )
  4. Gunakan air minum murni ( TDS < 10 ppm ) atau alkali / bersifat basa ( pH > 7 ), ketika air itu murni dan bebas dari segala kontaminasi -- merupakan benar-benar “obat manjur”. Tanpa bahan kimia, zat adiktif, atau apapun yang tidak alami.
  5. Ganti kebiasaan ngemil (karena tidak tahan lapar) dengan jenis makanan kaya serat dan air, tidak lain adalah jenis buah-buahan atau sayuran sehingga perut tetap terasa kenyang dengan jumlah kalori yang tidak banyak.
Selamat mencoba dan semoga sukses.