5 Gaya Hidup Perpanjang Usia

Setiap kita umumnya memiliki keinginan panjang usia, sehat dan sejahtera. Ada banyak saran yang diajarkan para ahli untuk meraihnya berdasar pengamatan dan penelitian terhadap beberapa kondisi maupun perilaku seseorang atau komunitas. Perilaku tersebut cukup terbukti menjadikan mereka memiliki usia harapan hidup lebih tinggi dibanding orang atau komunitas lain di dunia ini. Perilaku itu kadang cukup sederhana. Berikut ini 5 gaya hidup sederhana yang efektif untuk memperpanjang usia :
  
1.       Jangan Merokok. Study New England Journal of Medicine menemukan bahwa dengan merokok setidaknya akan mempersingkat harapan hidup mereka hingga sepuluh tahun.
2.       Kurangi Makanan. Sebagai contaoh penduduk kepulauan Okinawa, Jepang, dapat hidup lebih lama. Faktor penentunya adalah diet makanan yang tidak berlemak dan rendah kalori. Mereka memiliki papatah harahachibu yang artinya makanlah sampai perutmu terasa 80 persen terisi.
3.       Singkirkan TV. Studi dari the British Journal of Sports Medicine menemukan, harapan hidup mereka yang sepanjang hidupnya menghabiskan waktunya untuk menonton TV rata-rata 6 jam perhari harapan hidupnya akan berkurang sebanyak 4,8 tahun jika dibandingkan dengan yang tidak menonton sama sekali.
4.       Makan buah dan sayur. Mereka yang tidak mengkonsumsi buah dan sayuran rata-rata mempersingkat harapan hidupnya sebanyak tiga tahun. Hal ini berdasar dari studi yang dipublikasikan di American Journal of Clinical Nutrition.
5.       Olah Raga. Makalah Dr. I Min Lee dari Brihham and Women’s Hospital mendukung ide bahwa dengan olahraga merupakan investasi yang memberikan hasil luar biasa di kemudian hari. Profesor Harvard University itu mengatakan seorang paruh baya yang berolahraga secara teratur selama 150 menit per minggu akan mendapatkan tambahan harapan hidup sebanyak 7 menit bagi setiap menit aktivitasnya.

Semoga bermanfaat dan memotivasi kita memilih jalan sehat.

Artikel diambil dari beberapa sumber.