Sehat Itu Nikmat


Bersyukur dan jagalah nikmat sehat yang  Allah berikan kepada kita sampai hari ini.  Kita semua sepakat, harta boleh saja banyak dan melimpah, namun sulit rasanya dapat kita nikmati jika diri kita sedang sakit.  Boleh jadi fisik kita kuat dan baik, namun jika pikiran dan suasana kejiwaan kita tidak sehat, sulit juga kita menikmati indahnya hidup.  Lantas apa yang dimaksud dengan sehat itu ?

Sehat merupakan sebuah keadaan yang  tidak hanya terbebas dari penyakit akan tetapi juga meliputi seluruh aspek kehidupan manusia yang meliputi aspek fisik, emosi, sosial dan spiritual.
Kesehatan bersifat menyeluruh dan mengandung empat aspek. Perwujudan dari masing-masing aspek tersebut dalam kesehatan seseorang antara lain sebagai berikut :

1. Kesehatan Fisik terwujud apabila sesorang tidak merasa dan mengeluh sakit atau tidak adanya keluhan dan memang secara objektif tidak tampak sakit. Semua organ tubuh berfungsi normal atau tidak mengalami gangguan.
2. Kesehatan Mental (jiwa) mencakup 3 komponen, yakni pikiran, emosional, dan spiritual.
  1. Pikiran sehat tercermin dari cara berpikir atau jalan pikiran.
  2. Emosional sehat tercermin dari kemampuan seseorang untuk mengekspresikan emosinya, misalnya takut, gembira, kuatir, sedih dan sebagainya.
  3. Spiritual sehat tercermin dari cara seseorang dalam mengekspresikan rasa syukur, pujian, kepercayaan dan sebagainya terhadap sesuatu di luar alam fana ini, yakni Tuhan Yang Maha Kuasa. Misalnya sehat spiritual dapat dilihat dari praktik keagamaan seseorang. Dengan perkataan lain, sehat spiritual adalah keadaan di mana seseorang menjalankan ibadah dan semua aturan-aturan agama yang dianutnya.